Nairobi (ANTARA News/Reuters) - Seorang petugas polisi daerah Kenya menembak mati sepuluh warga pada beberapa diskotik di sebuah kota kecil di timur laut Nairobi sebelum akhirnya menyerah, ujar juru bicara polisi, Minggu.

"Dia pergi dari satu diskotik ke diskotik lain untuk mencari kekasihnya setelah dia selesai bertugas dan menembak pengunjung diskotik dengan membabi buta," ujar juru bicara Deputi Polisi Divisi Umum di Nairobi, Charles Owino.

"Di antara sepuluh orang yang tewas, terdapat dua rekan polisi yang memeriksa penembakan tersebut. Setelah diselediki, tidak ada seorang pun yang selamat akibat tembakan, semua tewas ditembaknya," ujar Owino.

Lima pria, tiga wanita, serta dua petugas polisi tewas akibat rentetan peluru pada Sabtu malam. Petugas itu berusaha menembak dirinya, namun pelurunya telah habis dan menyerahkan diri kepada polisi.

Owino mengatakan bahwa petugas yang bernama Peter Karanja, melakukan pembantaian itu setelah dia menyelesaikan tugasnya sebagai penjaga keamanan di perumahan Komisaris Distrik (DC).

Dia mengatakan bahwa polisi sedang memeriksa beberapa penyebab terjadinya pembantaian itu, termasuk mengenai Karanja yang terinfeksi HIV dan mencari kekasihnya yang diduga telah menularkan virus itu kepadanya.

Polisi juga memeriksa laporan bahwa Karanja marah karena kabar mengenai kekasihnya yang berselingkuh.

Siakago merupakan kota kecil di dekat Embu, yang berjarak 120 kilometer timur laut Nairobi yang mengarah ke Gunung Kenya. Embu merupakan markas kepolisian bagi Provinsi Kenya Timur.

Para kerabat korban yang marah serta penduduk Siakago mengadakan unjuk rasa singkat pada Minggu pagi, ujar petugas polisi daerah wilayah timur, Marcus Ocholla.

"Para penduduk yang berunjuk rasa amat marah karena mereka memandang polisi sebagai pembunuh masyarakat, bukan sebagai pelindung," ujar Ocholla menambahkan, bahwa kami sebagai pihak berwenang di daerah mencoba untuk berunding kepada kerabat korban untuk menenangkan mereka.

Ocholla mengatakan tersangka pelaku penembakan dikenal memiliki catatan disiplin yang buruk, namun dia menolak untuk memberikan keterangan lebih lanjut.

"Karanja memiliki beberapa masalah dengan atasannya, dan telah dihukum akibat beberapa tindakan pelanggaran," ujar dia.

Polisi yang bertugas di sebuah cabang sistem Polisi Kenya yang terkait kepada pemerintah provinsinya, memiliki hubungan perintah tersendiri yang terpisah dari sistem polisi umum.

(KR-BPY/Z002/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010