Palembang (ANTARA News) - Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie mengingatkan pemerintah untuk serius menangani bencana alam yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia.

"Pemerintah harus dapat segera mengatasi penderitaan para korban bencana alam yang terjadi di Kepulauan Mentawai, Gunung Merapi, dan Wasior," kata Aburizal, di Palembang, Jumat malam, usai Rakernas ke-2 Pemuda/Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI).

Aburizal mendukung operasi besar-besaran untuk mengatasi bencana alam dan menolong para korbannya.

Menurut dia, perhatian besar pemerintah pusat sangast diperlukan di daerah terkena bencana, mengingat keadaan daerah umumnya tidak siap menghadapi bencana, terutama Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Ia menegaskan, perlu memberikan perhatian besar terhadap bencana alam yang menimpa warga di Kepulauan Mentawai yang daerahnya sangat terpencil dan sulit terjangkau.

Aburizal menyatakan, helikopter mesti dikerahkan untuk mengevakuasi warga tertimpa musibah.

"Jika perlu pemerintah pusat mengerahkan 10 sampai 15 helikopter untuk dioperasikan di sana, supaya penderitaan rakyat tidak berkepanjangan. Walaupun memang akan memakan biaya besar, tetapi itu kenyataan yang harus dilakukan," ujar dia lagi.

Dia juga mengingatkan agar pemerintah melihat kemampuan setiap daerah untuk menanggulangi bencana yang menimpa daerah tersebut dan segera mengambil alih ketika daerah tidak bisa. (*)

ANT/B014/AR09

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010