Jakarta (ANTARA News) - Salah satu  ikon terbesar studio film Hollywood, MGM,  telah mengajukan perlindungan kebangkrutan setelah berjuang selama bertahun-tahun untuk mengatasi utang.

Metro-Goldwyn-Mayer Studios Inc, yang antara lain memiliki kuasa atas waralaba film laris James Bond, kemungkinan akan merger dengan  Spyglass Entertainment sebagai bagian dari proposal reorganisasi.

Seperti diberitakan Daily Mail, rencana itu akan memungkinkan kreditur MGM, yang meliputi Credit Suisse dan JP Morgan, untuk men-swap lebih dari 4miliar dolar AS  utang untuk ekuitas pada perusahaan hasil reorganisasi.

MGM, yang membesarkan legenda Hollywood seperti Clark Gable, Greta Garbo dan Buster Keaton,  banyak menghasilkan film-film Hollywood yang paling terkenal.

Dalam sebuah pernyataan MGM mengatakan mereka berharap hakim federal perkara  pailit   akan menyetujui restrukturisasi dalam 30 hari ini.

Carl Icahn, investor dan kreditor terbesar MGM mengatakan dia mendukung pengajuan kebangkrutan itu.

MGM - yang menghasilkan klasik termasuk "The Wizard of Oz" dan "Cat On A Hot Tin Roof" serta Hannibal horor modern - mencari perlindungan bersama dengan 160 afiliasi di pengadilan kepailitan  di Manhattan.
(A038/S026)

Penerjemah: Aditia Maruli Radja
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010