Jakarta (ANTARA News) - Uni Afrika menyatakan mendukung Indonesia yang akan mengirimkan kandidatnya untuk menjadi Direktur Jenderal Badan PBB bidang Pangan dan Pertanian (FAO).

Informasi tersebut disampaikan, Calon Direktur Jenderal FAO asal Indonesia yang pada saat ini menjabat Sekretaris Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat, Indroyono Soesilo yang tengah di Afrika melalui surat elektronik kepada ANTARA, Rabu.

Indroyono menjelaskan, dukungan disampaikan Ketua Komisi Uni Afrika di Addis Ababa, Ethiopia, Dr Jean Ping.

"Uni Afrika siap untuk mendukung Indonesia dalam upaya ini," kata Indroyono menirukan Dr Jean Ping.

Ping juga menegaskan kembali sejarah panjang hubungan Indonesia dengan negara-negara Afrika yang dimulai sejak Deklarasi Bandung 1955.

Untuk itu, Uni Afrika menyambut baik dan menyatakan akan mendukung kandidat Indonesia menjadi Direktur Jenderal FAO dalam pemilihan tahun 2011 mendatang.

Indroyono Soesilo menyatakan bahwa sebagai organisasi global berbasis pengetahuan, FAO harus bekerja dan bisa bekerjasama dengan semua organisasi berbasis pengetahuan di negara-negara anggotanya.

FAO juga harus memperluas jaringan dengan mengundang LSM agar bisa mendapatkan berbagai masukan.

Indroyono juga menyatakan apabila terpilih sebagai direktur jenderal FAO akan menekankan berbagai program di bidang pengamanan pasokan pangan nasional, dengan sistem desentralisasi yang dijalankan pemerintah.(*)

W004/AR09

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010