Manado (ANTARA News) - Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut) akan menggelar kejuaraan "Indonesia Tondano Triatlhon 2010", pada Sabtu (30/10).

Ketua I Panitia Pelaksana, Jefry Mambu di Manado, Sabtu mengatakan, kejuaraan dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda tersebut dilaksanakan atas kerjasama antara Kerukunan Keluarga Kawanua (K3) dengan Kementerian Pemuda dan Olah raga.

"Dalam kejuaraan itu ada tiga cabang olah raga akan diikuti peserta masing-masing renang, sepeda dan lari," kata Mambu.

Menurut Mambu, lomba awal yang diikuti peserta yakni renang yang digelar di obyek wisata danau Tondano Sumaru endo Remboken, kemudian bersepeda dari Remboken hingga Bolevard Tondano, selanjutnya lari.

Lomba Triatlhon tersebut antara lain bertujuan untuk mencari atlet-atlet baru yang memiliki potensi pada cabang triatlhon.

Kejuaraan ini juga diharapkan dapat meningkatkan potensi sumber daya manusia (SDM) di daerah itu serta dalam rangka mendukung program pariwisata.

Indonesia Tondano triatlhon tersebut digelar di sekitar kawasan obyek wisata Danau Tondano, Minahasa.

Melalui kejuaraan ini, potensi pariwisata yang dimiliki Minahasa, Sulawesi Utara dipromosikan, sehingga akan berimbas kepada kunjungan wisatawan mancanegara maupun domestik ke daerah itu.

"Diharapkan dengan kejuaraan ini kunjungan wisatawan untuk melihat obyek wisata Danau Tonado meningkat," katanya.

Dia menambahkan, kegiatan ini direncanakan menjadi agenda tetap dengan akan dilaksanakan setiap tahun. (J009/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010