Lamongan (ANTARA News) - Perdana Menteri Republik Demokratik Timor Leste, Kai Ralai Xanana Gusmao, mengucapkan belasungkawa atas bencana beruntun yakni meletusnya Gunung Merapi di Sleman (Yogyakarta)dan tsunami di Mentawai (Sumatera Barat).

"Selaku Perdana Menteri dan mewakili rakyat Timor Leste, saya menyampaikan belasungkawa pada Indonesia terkait bencana yang terjadi di Merapi dan Mentawai," katanya saat melakukan kunjungan kerja di Lamongan `Shorebase` (LS) di Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, Rabu.

Kedatangan Xanana Gusmao ke `Lamongan Shorebase` (lokasi pertambangan di Lamongan) itu untuk belajar mengembangkan industri perminyakan di negaranya.

"Kami (Timor Leste) bukan negara yang besar. Karena itu `shorebase` yang ingin kami kembangkan tidak perlu besar. Yang penting efektif, seperti yang dimiliki `Lamongan Shorebase` itu," katanya saat berada di `Board Room` Perkantoran LS.

Selain itu, Xanana juga menyaksikan penyerahan sertifikat kelulusan delapan orang teknisi Timor Leste yang belajar di LS.

"Indonesia (LS) adalah negara pertama tempat kami mengirimkan teknisi untuk belajar terkait pengelolaan shorebase. Ini adalah bagian dari upaya kami untuk mengembangkan industri minyak di Timor Leste," katanya.

Dalam kunjunganya, Xanana didampingi Bupati Lamongan Fadeli, Gubernur Jatim Soekarwo dan CEO PT Eastern Logistic (operator pelabuhan LS) David Lim. (ANT-163/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010