Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Rabu sore, tiba di Padang, Sumatera Barat, setelah melakukan penerbangan selama tiga jam dari Hanoi,Vietnam.

Pesawat kepresidenan mendarat di Bandara Minangkabau sekitar pukul 18.00 WIB. Wakil Presiden Boediono, MenkoKesra Agung Laksono, dan sejumlah unsur Musyawarah Pimpinan Daerah Sumatera Barat menyambut kedatangan Presiden Yudhoyono, Ibu Negara, dan rombongan.

Mereka kemudian menuju ruang tunggu VIP. Di ruangan tersebut, Presiden Yudhoyono mendengarkan laporan dari Wakil Presiden tentang penanganan bencana di Kepulauan Mentawai.

Rencananya, presiden dan para pihak terkait akan mengadakan rapat lanjutan selama berada di Padang.

Keesokan harinya, presiden dijadwalkan akan menuju Kepulauan Mentawai dengan menggunakan helikopter. Di lokasi bencana, presiden akan meninjau langsung penanganan dampak gempa bumi yang disusul tsunami tersebut.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membatalkan sejumlah agenda kerja di Hanoi, Vietnam, dan memutuskan kembali ke tanah air untuk memantau langsung dampak bencana alam di Yogyakarta dan Mentawai, Sumatera Barat.

"Presiden mengambil keputusan kembali ke tanah air," kata Menteri Sekretaris Negara Sudi SIlalahi dalam keterangan kepada wartawan di Hanoi, Vietnam, Rabu pagi.

Presiden dijadwalkan langsung menuju Mentawai, Sumatera Utara, untuk selanjutnya memantau kondisi di Mentawai.

Menurut rencana awal, presiden berada di Vietnam untuk melakukan kunjungan kenegaraan dan menghadiri KTT ke-17 ASEAN. (F008/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010