Makassar (ANTARA News) - Sebanyak 719 calon haji yang berangkat melalui Embarkasi Sultan Hasanuddin Makassar, saat ini sudah berada di Kota Mekkah Almuqarramah.

Wakil Kepala Bidang Dokumen Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar, Solihin, di Makassar, Minggu, mengatakan, para calon haji tersebut tergabung dalam kloter satu dan kloter dua.

Sementara itu, kata dia tiga kloter yang berangkat melalui Embarkasi Makassar sedang berada dalam perjalanan menuju Kota Mekkah.

"Sebanyak 10 kloter dengan jumlah calon haji 3.587 orang, saat ini masih berada di Madinah. Sedangkan, dua kloter lainnya yakni sebanyak 716 orang masih berada di Jeddah," terangnya.

Solihin mengatakan, perhitungan yang digunakan untuk mencapai kota Madinah dan Mekkah adalah sama dengan perhitungan melakukan shalat sebanyak 40 kali.

Menurut dia, pada musim haji tahun ini, diperkirakan calon haji yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Embarkasi Makassar adalah sebanyak 15.752 orang.

"Jumlah calon haji yang berangkat dari Embarkasi Makassar tersebut berasal dari delapan provinsi," ungkapnya.

Jumlah calon haji tersebut, kata dia masih dalam perkiraan sesuai dengan data yang telah diberikan oleh PPIHD di seluruh provinsi.

"Bisa saja data jumlah calon haji yang kami pegang saat ini berkurang, karena meninggal di daerah asal, atau juga harus dirujuk ke rumah sakit dan bisa juga dibatalkan, seperti yang terjadi pada calon haji asal Kabupaten Wajo," imbuhnya.  (ANT-103/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010