Nairobi (ANTARA News) - Tujuh penonton sepak bola di Kenya tewas dalam kerusuhan di stadion pertandingan Sabtu di ibukota negeri itu, Nairobi, ketika dua tim musuh bebuyutan bertemu dalam laga liga, demikian keterangan polisi dan Palang Merah.

Penonton menyerbu masuk dalam Stadion Nasional Nyayo di Nairobi, ketika dua pintu masuk stadion terbuka untuk pendukung dua tim yang berseteru, yang bertanding pada Sabtu di bawah guyuran hujan, sebagaimana dikutip dari AFP.

"Regu keamanan kami berada di lepangan dan mereka menyebutkan ada enam orang tewas di luar stadion. Lima di antaranya lelaki dan satu orang perempuan," kata Titus Mung`ou, juru bicara Palang Merah Kenya.

"Kami juga menyatakan bahwa ada korban tewas karena terluka di Rumah Sakit Nasional Kenyatta," katanya.

Pertandingan antara Gor Mahia dan AFC Leopards berkesudahan dengan masuknya satu gol ke dalam gawang Leopards.

Wakil Kepala Kepolisian Moses Nyakwama mengatakan, "Sebanyak 12 orang dilarikan ke rumah sakit karena mengalami cedera berat."

Pada 2005, satu orang tewas pada babak penyisihan Piala Dunia antara Kenya dan Maroko pada kekacauan pertandingan yang disaksikan 35.000 orang di Stadion Nyayo, sehingga FIFA menjatuhkan hukuman dua tahun.

Stadion itu berkapasitas 25.000 tempat duduk.
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010