Salatiga (ANTARA News) - Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Rita Subowo menyatakan kontingen Indonesia mengincar medali emas, perak, dan perunggu dari delapan cabang olahraga unggulan di Asian Games, Guangzhou, China, November 2010.

"Kami berharap para atlet yang kami kirimkan mendapatkan medali lebih banyak dari (Asian Games) sebelumnya," kata Rita di sela meninjau latihan atlet lari Asian Games, Trianingsih, di arena latihan Locomotive Athletic Club di Salatiga, Jumat.

Ia mengatakan, delapan cabang itu adalah boling, karate, angkat besi, bulu tangkis, wushu, voli pantai, atletik, dan "dragon boat".

Menurutnya, delapan cabang unggulan tersebut setidaknya bisa membawa pulang empat medali emas, atau setidaknya perolehannya lebih banyak dari Asean Games di Doha, Qatar empat tahun lalu yang hanya menyumbang dua emas.

"Kalau saat ini Indonesia masih pringkat 21 dari 45 negara peserta di Asian Games 2006 di Doha, semoga di setelah di China nanti peringkat kita naik," katanya.

Ia mengatakan, atlet lari maraton seperti Trianingisih diharapkan mampu membawa pulang medali perunggu saat tampil di Asian Gamas nanti. Selain itu juga Lindswell dari cabang wushu, Jintar Simanjuntak (karate), Eko Yuli Irawan (angkat besi), dan sebagainya.

"Dibandingkan dengan negera lain, fasilitas dan persiapan kita sebenarnya kurang memadai, tapi saya yakin atlet-atlet dari Indonesia akan memberikan yang terbaik," katanya.

Menurutnya, kontingen Indonesia akan datang dengan 219 atlet dan 79 ofisial, serta bertolak ke Guangzhou pada 10 November 2010. (*)

ANT/A030/AR09

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010