New York (ANTARA News/AFP) - Saham-saham Amerika Serikat ditutup naik tipis pada Kamis waktu setempat, setelah "rally" pada awal perdagangan dipicu oleh laporan laba perusahaan yang kuat dan dibebani oleh kenaikan dolar.

Indeks saham blue-chip Dow Jones Industrial Average naik 38,60 poin (0,35 persen) menjadi ditutup pada 11.146,57 poin, sementara indeks S&P 500 yang lebih luas naik 2,09 poin (0,18 persen) menjadi 1.180,26 poin.

Indeks komposit teknologi Nasdaq naik 2,28 poin (0,09 persen) menjadi 2.459,67 poin karena saham raksasa lelang online eBay melonjak hampir enam persen, setelah melaporkan laba kuartalan kuat setelah pasar tutup pada Rabu.

Indeks utama mencatat kenaikan yang kuat pada awal perdagangan, dengan Dow mendekati tingkat tertinggi sejak September 2008 setelah banyak laba perusahaan dan data menunjukkan penurunan klaim pengangguran.

Tetapi momentum itu kehilangan tenaga pada tengah hari, dengan Dow jatuh ke wilayah negatif sebelum muncul kembali di atas garis datar tersebut.

Para analis mengaitkan perubahan volatilitas terhadap kenaikan dolar AS, peristiwa langka dalam beberapa minggu terakhir karena greenback menderita dari meningkatnya ekspektasi bahwa Federal Reserve akan melanjutkan kebijakan belanja untuk meningkatkan perekonomian, mencetak uang secara efektif.

"Ketika dolar turun, pasar kuat, tetapi sekali ada sedikit kenaikan dolar, saham mulai jatuh," kata Gregori Volokhine dari Meeschaert New York.

"Ketika penurunan dolar, orang bertaruh pada intervensi yang agresif oleh Fed ... Pasar itu buta, tidak cukup berpikir tentang pendapatan, yang sangat mendorong."

Raksasa restoran makanan cepat saji McDonald`s melaporkan laba bersihnya melonjak 10 persen di kuartal ketiga, menjadi 1,4 miliar dolar, berkat penjualan yang kuat di seluruh dunia. Sahamnya naik 1,3 persen.

United Continental Holdings, maskapai penerbangan terbesar di dunia, mengungkapkan bahwa keuntungan kuartalannya naik untuk masing-masing operator yang bergabung baru-baru ini, United dan Continental, karena permintaan perjalanan meningkat.

United yang bergabung dengan Continental pada 1 Oktober, memiliki laba bersih 473 juta dolar pada kuartal ketiga, atau laba bersih per saham 2,12 dolar, kata induk perusahaan.

Continental melaporkan laba bersih kuartal ketiga sebesar 367 juta dolar, atau 2,24 dolar per saham.

Saham United Continental naik 0,6 persen.

Laporan perusahaan penerbangan menambah optimisme bahwa sektor yang kesulitan itu pulih dari krisis mendalam setelah kemerosotan ekonomi 2008, setelah American Airlines, Delta Air Lines dan US Airways semuanya melaporkan keuntungan triwulanan kuat pada Rabu.

Pembuat mesin alat berat Caterpillar, sebuah barometer utama dari kekuatan perumahan dan industri, juga mengalahkan ekspektasi ketika laba kuartalannya hampir dua kali lipat dari tahun lalu menjadi 792 juta dolar.

Sahamnya turun 1,2 persen.

Titan telekomunikasi AT&T melaporkan laba 12,3 miliar didukung penjualan kuat iPhone 4. Sahamnya tergelincir 0,9 persen.

Tak lama setelah bel penutupan, raksasa kartu kredit American Express melaporkan labanya melampaui satu miliar dolar dalam kuartal terakhir, 71 persen lebih banyak daripada periode yang sama tahun lalu.

Pasar obligasi menurun.

Hasil pada obligasi Treasury 10-tahun AS naik menjadi 2,53 persen dari 2,47 persen pada Rabu, sedangkan pada obligasi 30-tahun naik menjadi 3,94 persen dari 3,89 persen. Hasil dan harga obligasi bergerak dalam arah yang berlawanan. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010