Semarang (ANTARA News) - Tuan rumah Persija Jakarta Pusat berhasil memenuhi ambisinya meraih angka penuh setelah mengalahkan Persela Lamongan, 2-0 (1-0) pada pertandingan lanjutan Kompetisi Sepak Bola Liga Super di Stadion Jatidiri Semarang, Sabtu petang.

Pada pertandingan yang disaksikan sekitar 4.000 penonton itu, kedua tim menampilkan permainan cepat dengan umpan-umpan pendek terutama diperagakan tim Persija Jakarta Pusat.

Dalam pertandingan 20 menit babak pertama, permainan banyak dikuasai tim asuhan pelatih Rahmad Darmawan, sedangkan pemain Persela sering melakukan kesalahan melalui umpan kurang kontrol sehingga dengan mudah direbut pemain Persija.

Persija mendapat peluang ketika tendangan keras Ismed Sofyan berhasil ditepis kiper Persela, kemudian tendangan keras Bambang Pamungkas pada menit ke-17 membentur mistar gawang Persela.

Anak-anak Persela mulai bangkit setelah sundulan kepala Barkoui berhasil ditepis kiper Persija Jakarta Pusat, Hendro Kartiko, meskipun harus menjatuhkan diri.

Barkoui kembali mendapat peluang melalui tendangan voli yang cukup keras setelah menerima umpan dari tendangan bebas dari Fahrudin Mustafic, namun tidak membuahkan hasil.

Tendangan keras pemain bernomor punggung 15 ini ditepis kiper tim Macan Kemayoran, Hendro Kartiko yang menjatuhkan diri menyelamatkan gawangnya dari kebobolan.

Sepanjang babak pertama Persija yang menggasak pertahanan Persela hingga membuahkan hasil yang diciptakan Bambang Pamungkas pada menit ke-10. Gol tersebut mengakhiri pertandingan babak pertama, kedudukan 1-0 untuk Persija.

Memasuki babak kedua, Persela mulai meningkatkan tempo permainan dengan menekan pertahanan Persija yang dikoordinasi E. Precious, sedangkan Persija tetap dengan tempo permainan cepat.

Persija mendapat peluang saat melakukan tendangan bebas yang dilaksanakan Ismed Sofyan, tetapi tendangan mantan pesepak bola nasional itu melenceng dari gawang Persela Lamongan.

Kedua kesebalasan dalam pertandingan babak kedua terpaksa bermain dalam kondisi lapangan licin karena hujan deras mengguyur Kota Semarang, tetapi permainan kedua tim tetap tidak berubah.

Dalam pertandingan tersebut, Persela kembali mendapat peluang melalui tendangan Feri Ariawan tetapi masih terlalu menyamping dari gawang Persija Jakarta Pusat.

Sementara Persija mendapat peluang melalui tendangan bebas yang dilakukan Ismed Sofyan. Tendangan sekitar 30 meter depan gawang Persela ini hanya membentur mistar gawang Choirul Huda.

Tim asuhan pelatih Rahmad Darmawan menambah kemenangan menjadi 2-0 melalui gol yang dicetak Bambang Pamungkas pada menit ke-80 setelah menerima umpan dari Greg Nwokoko.

Tendang keras kapten timnas PSSI itu gagal diantisipasi kiper Persela karena memang jarak jangkauan tidak sampai mengingat bola melesat dipojok kiri gawang Persela.

Unggul 2-0 tersebut tidak menjadikan Persija tampil bertahan tetapi justru lebih gencar menekan pertahanan Persela, bahkan pelatih Rahmad Darmawan memasukan Aliyudin menggantikan Oliver Makor.

Sampai pertandingan usai kedudukan 2-0 untuk Persija Jakarta Pusat bertahan. Wasit OK Dwi Saputra dari Bandung mengeluarkan kartu kuning untuk Bambang Pamungkas dan Moh. Ilham (Persija).

(H015/S019/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010