Jakarta (ANTARA News) - Izin pembuatan film kepada Angelina Jolie dibatalkan oleh Menteri Kebudayaan Bosnia, sampai Angelina yang dalam film ini mengawali debutnya sebagai sutradara, menyerahkan skenario film tersebut, demikian BBC, Kamis.

Menteri Kebudayaan Bosnia Gavrilo Grahovac mengungkapkan, izin untuk Angelina ditolak karena yang bersangkutan tidak melampirkan naskah skenario film dalam surat izin syuting di Bosnia, sebagaimana diatur oleh ketentuan hukum.

"Mereka tidak lagi mendapat otorisasi untuk syuting di Bosnia," katanya dalam wawancara radio dengan BBC.

Keputusan itu diambil setelah ada keberatan dari asosiasi perempuan korban perang Bosnia.

Proyek film itu dilaporkan menceritakan kisah seorang pemuda Serbia dan gadis Bosnia yang jatuh cinta satu sama lain di tengah kecamuk Perang Bosnia 1992-1995.

Namun, masyarakat Bosnia menyebut kisah cinta itu terjadi antara seorang pemuda pemerkosa asal Serbia dengan korbannya, gadis muslim Bosnia.

Asosiasi Perempuan Korban Perang menyebut film tersebut bisa 'memutarbalikkan sejarah."

Menteri Kebudayaan Bosniq mengatakan film itu bisa memperoleh izin baru jika kru film melampirkan skenario cerita film yang berbeda dari yang dikhawatirkan kebanyakan orang Bosnia.

Angelina sendiri telah menyurati asosiasi itu pekan lalu dengan menjamin bahwa film itu tidak akan berkisah seperti dikhawatirkan mereka.

Perwakilan kru menegaskan bahwa skrip film telah dikirim ke pemerintah Bosnia. (*)

Yudh/AR09

Penerjemah: Yudha Pratama Jaya
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010