New York (ANTARA News) - Harga minyak di New York turun pada Kamis waktu setempat, setelah OPEC memutuskan untuk mempertahankan target produksi dan berita mengejutkan tentang penurunan cadangan minyak mentah di Amerika Serikat, konsumen minyak terbesar di dunia.

Seperti dilaporkan AFP, kontrak utama New York, minyak mentah light sweet untuk pengiriman November, merosot 32 sen menjadi 82,69 dolar per barel setelah sebelumnya mencapai 84,12 dolar karena nilai mata uang Amerika Serikat merosot terhadap euro dan yen.

Minyak mentah Brent North Sea untuk penyerahan November, turun 11 sen menjadi 84,53 dolar.

Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) pada hari Kamis mempertahankan target produksi minyak resmi.

"Pertemuan OPEC berlangsung sesuai ekspektasi luas tanpa ada kejutan untuk pasar minyak, jadi harga minyak mentah masih wajar tidak berubah," kata analis Sucden Myrto Sokou.

OPEC, yang memompa 40 persen dari minyak dunia, setuju untuk menjaga target sebesar 24,84 juta barel per hari, saat presiden Wilson Pastor-Morris dari Ekuador mengatakan kepada wartawan setelah pertemuan di kantor pusatnya.

Juga pada Kamis, Departemen Energi (DoE) AS menunjukkan bahwa stok minyak mentahnya turun tak terduga dalam pekan yang berakhir 8 Oktober.

Cadangan minyak mentah menurun 400.000 barel pekan lalu, mengalahkan ekspektasi pasar untuk kenaikan sebesar 1,2 juta barel.
(A026/M012)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010