Jakarta (ANTARA News) - Atlet balap sepeda spesialis BMX Popo Ario Sejati akan tampil dan berusaha mempertahankan gelarnya di Kejuaraan Asia Balap Sepeda BMX Specialized Asia Pacific Downhill Challenge yang digelar mulai Jumat (8/10) hingga 10 Oktober di Gunung Banyak, Malang, Jawa Timur.

"Setidaknya, kehadiran pebalap kelas dunia akan memberikan pengalaman bagi para atlet untuk dapat membuktikan diri. Termasuk Popo sebagai juara bertahan," kata Arifin Tedja, ketua panitia dalam penyelenggaraan even federasi balap sepeda internasional (UCI) ini, di Jakarta, Kamis.

Menurut Arifin, sebagai juara bertahan, Popo akan bersaing dengan pebalap kelas dunia dari Australia Sam Hill yang memiliki kualitas jauh tinggi.

Makin beratnya, Popo tak hanya menghadapi Hill karena selain Australia, enam negara lainnya juga mengirimkan para pebalapnya yakni Inggris, Thailand, Jepang, Malaysia, Italia dan Prancis.

Selain Popo, pebalap nasional lainnya juga akan tampil mulai dari Purnomo, Chandra Purnawan dan Rizal.

Sedangkan dari kubu putri, Arifin yang juga General Manager United Bike mengatakan tidak ada pebalap nasional BMX Risa Suseanty.

Peraih emas pertama bagi Indonesia di SEA Games 2009 Laos ini harus berkonsentrasi pada persiapan jelang Asian Games 2010 yang digelar pada November mendatang.

Untuk hadiah, kejuaraan yang untuk keempat kalinya ini digelar akan memperebutkan hadiah 100 juta rupiah. Dengan hadiah 2500 dollar AS atau Rp22 juta bagi nomor elit dan lima juta rupiah bagi pemenang di tim open.((*)
(T.T009/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010