Palu (ANTARA News) - Menteri Pemuda dan Olah Raga Andi Mallarangeng dijadwalkan akan menghadiri rapat pimpinan nasional Ikatan Kekeluargaan Pelajar/Mahasiswa Indonesia Sulawesi Selatan yang berlangsung pada Kamis (7/10) di Gedung Pogombo, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

"Hasil konfirmasi dengan stafnya, Insya-Allah tidak ada halangan, Bapak Menpora akan tiba Kamis sore," kata Wakil Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Ikami Zulkarnain Patunrangi di Palu, Rabu.

Dia mengatakan, kehadiran Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) Andi Mallarangeng dalam Rapimnas itu adalah sebagai Dewan Penasehat Ikatan Kekeluargaan Mahasiswa (Ikami) Sulsel dan sekaligus menjadi pembicara kunci bertemakan Kepemimpinan Pemuda dan Kemandirian Bangsa.

Menurut Zulkarnain, Ikami sengaja mengangkat tema Rapimnas "Kepemimpinan Pemuda dan Kemandirian Bangsa" karena hasil dari kegiatan itu diharapkan mampu memberikan pencerahan terhadap generasi muda, khususnya warga Ikami Sulsel di Tanah Air.

Dia menuturkan, kemandirian bangsa tentu menjadi atensi semua elemen bangsa, khususnya pemuda Ikami Sulsel sebagai pengemban amanah masa depan bangsa.

"Ikami Sulsel memiliki talenta dan kapasitas yang cukup memadai dalam pembangunan nasional menuju pencapaian kemandirian bangsa," ujar Zulkarnain Patunrangi, aktivis mahasiswa Universitas Tadulako Palu itu.

Zulkarnain menambahkan, bersamaan dengan Rapimnas yang digelar tiap pertengahan periode kepengurusan itu, juga digelar Dies Natalis Ikami Sulsel yang ke 49 tahun.

Selain para perwakilan cabang Ikami dari seluruh Tanah Air, Rapimnas yang rencananya akan dibuka Gubernur Sulteng HB Paliudju itu juga dihadiri pejabat Pemerintah Provinsi Sulsel.

Disamping Rapimnas dan Dies Natalis, Ikami Sulsel juga menggelar kegiatan pelatihan kepemimpinan pemuda dengan menghadirkan beberapa tokoh-tokoh muda sebagai narasumber seperti anggota DPR RI Dapil Sulteng Akbar Sulfakar, Ketua Umum BPP HIPMI Erwin Aksa, Sekjen Pahlevi Pangerang mewakili Ketua Umum DPP KNPI Ahmad Doli Kurnia.

Sejumlah pejabat eksekutif dari beberapa daerah juga dipastikan hadir yakni Walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin, Wakil Gubernur Sulteng Achmad Yahya, Bupati Parigi Moutong Longki Djanggola, Walikota Palu Rusdi Mastura, dan mantan Bupati Tolitoli Maruf Bantilan.

"Kami berharap kegiatan itu berjalan aman, lancar, dan sukses sesuai harapan kita semua," ujar Zulkarnain Patunrangi. (ANT-106/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010