London  (ANTARA News/AFP) - Harga minyak di London naik pada Rabu waktu setempat, mencapai tertinggi lima bulan di atas 85 dolar Amerika Serikat, karena kemerosotan dolar menutup berita peningkatan lebih besar dari perkiraan dalam persediaan energi Amerika Serikat.

Minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman November mencapai 85,88 dolar per barel -- tingkat tertinggi sejak 5 Mei. Harga minyak Ini kemudian berdiri di 85,57 dolar -- naik 73 sen dibandingkan dengan penutupan Selasa.

Kontrak utama New York, minyak mentah light sweet untuk penyerahan November, meningkat 82 sen menjadi 83,64 dolar per barel.

Sebelumnya awal Rabu, harga minyak mencapai 84,09 dolar, yang terakhir dicapai pada 4 Mei.

Harga naik karena dolar merosot ke posisi terendah delapan bulan terhadap euro dan emas mencapai rekor tertinggi karena para investor bertaruh bahwa pemerintah AS akan mengambil langkah-langkah stimulus lebih untuk menjaga pemulihan goyah di treknya.

Dolar berada dalam tekanan tambahan setelah sebuah laporan AS menunjukkan kehilangan pekerjaan tak terduga sektor swasta pada September, menyoroti serius masalah yang dihadapi perekonomian.

Sementara data resmi menunjukkan lompatan lebih besar dari perkiraan pada persediaan minyak mentah AS. Departemen Energi AS mengatakan stok minyak mentah naik 3,1 juta barel pekan lalu di Amerika Serikat -- konsumen energi terbesar di dunia.

Analis telah memprediksikan kenaikan hanya 300.000 barel. (A026/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010