Quetta, Pakistan (ANTARA News/Reuters) - Pria-pria bersenjata di Pakistan menyerang dan membakar 20 truk yang mengangkut pasokan untuk pasukan NATO di Afghanistan, Rabu, kata polisi.

Pihak berwenang Pakistan,yang marah atas serangan yang berulang-ulang oleh helikopter-helikopter NATO dari Afghanistan, pekan lalu memblokir satu rute pasokan untuk pasukan asing di Afghanistan. Serangan terhadap truk tangki bahan bakar minyak, Rabu itu terjadi di satu rute lainnya.

Serangan-serangan NATO dan penutupan perbatasn meningkatkan ketegangan antara Amerika Serikat dan Pakistan.

Sejumlah 14 pria bersenjata dalam dua truk menembaki truk-truk itu, menghacurkan lima kendaraan pengangkut bahan bakar minyak tersebut dan menewaskan seorang sopir, menyusul serangan-serangan terhadap truk-truk pengangkut bahan bakar minyak yang diklaim oleh gerilyawan Taliban, Ahad.

Pasokan untuk pasukan asing di Afghanistan diangkut melalui Pakistan yang juga menghadapi serangan gerilyawan.

Desakan AS terhadap Pakistan untuk bertindak lebih keras terhadap para gerilyawan di daerah-daerah suku barat lautnya telah menjadi satu sumber perpecahan antara kedua negara itu.

Komitmen Pakistan untuk memerangi gerilyawan kembali menjadi pertanyaan setelah badan-badan intelijen Barat mengatakan satu komplotan yang diperkirakan dari Al Qaida akan menyerang kota-kota Eropa yang melibatkan para anggota kelompok garis keras yang bersembunyi di daerah-daerah suku di perbatasan Afghanistan.

(H-RN/H-AK/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010