Johannesburg (ANTARA News) - Howard Webb asal Inggris akan menjadi wasit pada pertandingan final Piala Dunia, Minggu, yang mempertemukan Belanda dengan Spanyol di Soccer City, Johannesburg, demikian kata FIFA, Rabu.

Pria berusia 39 tahun dari Rotherham, bagian utara Inggris, sudah masuk dalam daftar wasit di FIFA sejak 2005. Webb yang mantan polisi dikenal luas salah satu wasit terbaik di Eropa dan pernah bertugas sebagai wasit pada final Kejuaraan antara Inter Milan dan Bayern Munich di Madrid.

Pada Piala Dunia, ia menjadi wasit pertandingan antara Spanyol yang dikalahkan Swiss dengan skor 1-0 dan menjadi wasit pada pertandingan antara Slovakia yang menang atas Italia dengan skor 3-2.

Ia juga menjadi bintang dalam film dengan judul "The Referees" ketika Tim dokumentari Belgia merekam gerakannya pada Kejuaraan Eropa 2008.

Web yang juga putra seorang wasit, resmi memimpin berbagai pertandingan pada usia 18 tahun dan membuat debutnya pada Liga Inggris 2003 dalam pertandingan antara Fulham and Wolverhampton Wanderers.

Pada tahun 2005 ia memimpin pertandingan FA Community Shield antara Arsenal dan Chelsea, dan pada November tahun yang sama ia bertugas untuk pertama kalinya pada laga tim nasional, pertandingan persahabatan antara Irlandia Utara dan Portugal di Belfast.

Pada tahun 2007, ia ditempatkan di final League Cup antara Arsenal dan Chelsea, menjadi wasit untuk pertama kalinya pada kejuaraan Liga dan mengambil bagian pada FIFA U-20 Piala Dunia di Kanada, yang memimpin hampir lima pertandingan, termasuk semifinal antara Austria dan Republik Cheko.

Pada Kejuaraan Eropa 2008, Webb memimpin dua pertandingan pada putaran pertama dan tiga pertandingan pada Piala Konfederasi 2009 di Afrika Selatan.

Webb adalah wasit keempat Inggris yang memimpin final, yang pertama adalah George Reader pada 1950, empat tahun kemudian diikuti William Ling dan John Taylor pada tahun 1974.

Benito Archundia dari Meksiko akan memimpin pertandingan Sabtu antara Jerman dan Uruguay di Port Elizabeth yang memperebutkan posisi ke tiga.
(ANT/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010