Madrid (ANTARA News/AFP) - Mantan pemain besar Belanda Johan Cruyff, yang memperkuat tim negaranya di final Piala Dunia 1974, memperkirakan Spanyol akan mengalahkan Belanda di pertandingan final Piala Dunia hari Minggu di Soccer City, Johannesbug, Afrika Selatan.

Cruyff mengatakan ia terkesan oleh permainan Spanyol saat mengalahkan Jerman 1-0 di semifinal hari Rabu dan ia yakin tim asuhan Vicente del Bosque itu akan mengungguli rekan-rekan senegaranya, Belanda, di pertandingan final di Soccer City di Johannesburg.

"Spanyol kini favorit kuat," tulisnya di surat kabar El Periodico de Catalunya edisi hari Kamis.

"Tim binaan Del Bosque itu telah tumbuh menjadi suatu tim yang kuat dan menemukan dirinya di final pada puncak permainannya.

"Kemarin malam (Rabu) Jerman, yang menaklukkan Argentina, memainkan sepak bola yang cukup untuk mengalahkan siapa pun, tetapi Spanyol tidak."

Cruyff (63), Pemain Terbaik Eropa tiga kali, memulai karirnya saat masih remaja di Ajax Amsterdam sebelum mencapai keberhasilan bersama Barcelona, yang kemudian ia latih untuk memenangi Piala Eropa 1992 dan empat kali berturut-turut meraih gelar liga antara 1991 hingga 1994.

"Spanyol, replika Barca, adalah publisitas terbaik sepak bola," tulis Cruyff.

"Siapa yang saya dukung? Saya adalah orang Belanda, tetapi saya mendukung sepak bola yang dimainkan Spanyol." (S005/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010