Johannesburg (ANTARA News) - Menjelang laga semifinal yang mempertemukan Spanyol melawan Jerman, gelandang tim "Matador" Andres Iniesta mengatakan kemenangan mereka atas lawan yang sama di final Piala Eropa 2008 tidak akan memberi keuntungan apapun.

Kedua tim akan berebut tiket ke final pada hari Kamis (8/7). Spanyol meraih gelar juara Piala Eropa setelah mengalahkan Jerman dengan skor tipis 1-0.

Pada Piala Dunia (PD) 2010 ini Spanyol melaju ke semifinal setelah mengalahkan Paraguay dengan skor 1-0, sementara Jerman menghancurkan Argentina dengan skor 4-0.

Iniesta menegaskan kemenangan di Piala Eropa tidak akan memberi pengaruh karena pemain Jerman yang bermain saat ini berbeda dengan yang mereka hadapi dua tahun lalu.

"Ini final Piala Eropa yang sama. Kami akan bermain dengan Jerman lagi. Tetapi saya pikir tidak hubungannya dengan yang terjadi dua tahun lalu. Kemenangan itu tidak akan berpengaruh saat kami bertemu. Jerman sudah bermain cemerlang di Piala Dunia sejauh ini dan mereka membawa banyak pemain muda yang tidak bermain di Piala Eropa 2008," kata Iniesta, seperti dikutip situs resmi FIFA.

"Mereka sangat termotivasi tetapi kami dalam puncak permainan kami dan berusaha untuk lebih berkembang. Saya yakin itu akan menjadi pertandingan antara dua tim yang menikmati permainan bola dan itu akan menjadi pertarungan hebat. Kami sudah mengikuti kemajuan Jerman selama Piala Dunia dan mereka sudah melakukannya dengan spektakuler," kata pemain Barcelona itu.

Prestasi terbaik Spanyol di PD adalah meraih peringkat keempat pada tahun 1950. Sejak saat itu tim "Matador" tidak pernah melangkah ke babak semifinal. Iniesta bangga menjadi bagian dari tim Spanyol pertama yang mencapai semifinal sejak 60 tahun lalu.

Namun, dia juga memuji penampilan lawan mereka di perempat final yang memberi perlawanan sengit.

"Kami tahu itu sulit selama Piala Dunia Paraguay sudah mempersulit semua lawan mereka. Mereka memberikan segalanya tetapi kami sangat bangga, sangat bahagia menjadi salah satu dari empat tim terbaik di dunia," katanya.

"'Tim bekerja dengan baik. Itu perasaan fantastik tetapi pekerjaan belum usai. Kami semua senang sudah mencapai sejauh ini tetapi kami sekarang akan mulai fokus kepada pertandingan melawan Jerman," kata Iniesta.

Bila Spanyol berhasil mengalahkan Jerman, Iniesta dan kawan-kawan akan mencetak sejarah baru, yaitu membawa Spanyol masuk final untuk pertama kalinya.
(ENY/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010