Johannesburg (ANTARA News) - Empat orang pria dan satu wanita ditangkap karena diduga mencuri uang dan barang lain dari kamar hotel tim Inggris, demikian diungkapkan pejabat keamanan Afrika Selatan, Senin.

Mthunzi Mhaga, juru bicara Pejabat Pengusutan Nasional Afsel, mengatakan insiden itu dilaporkan pihak hotel Sabtu, sebagaimana dikutip dari Reuters. 

"Kelima orang yang diduga melakukan pencurian itu ditahan. Mereka dianggap bersalah dan dihukum peradilan khusus Piala Dunia," kata Mhaga.

Pencuri itu akan terkena hukuman lima tahun penjara atau denda 6000 rands (791,5 dolar AS).

Afrika Selatan menyiapkan 56 peradilan khusus yang berkaitan dengan masalah yang terjadi pada para pendatang di Piala Dunia.

Mhaga mengatakan, kelima orang yang ditangkap itu adalah karyawan Royal Marang Hotel, yang juga bagian dari tempat latihan peserta Piala Dunia dan tim Inggris tinggal di tempat itu, dekat Rustenburg, sekitar 150Km baratdaya Johannesburg.

Polisi mengatakan, mereka menemukan beberapa barang termasuk medali emas FIFA, uang pound, kaos dan beberapa barang berharga lainnya yang dinilai berharga sekitar 80.000 rands (10.550 dolar AS).

Inggris tersingkir dari Piala Dunia, Minggu, setelah kalah atas Jerman 1-4 pada laga 16 besar.

(1 dolar=7.580 rand).
(A008/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010