Johannesburg (ANTARA News) - Panitian Piala Dunia memberikan ucapan selamat kepada Ghana atas lolosnya negara tersebut ke babak 16 besar Piala Dunia, dimana negara tersebut kemungkinan merupakan satu-satunya wakil dari Afrika.

Ghana maju ke babak sistem gugur meski kalah 0-1 dari Jerman, mengunggui Australia dan Serbia di Grup D dan akan menghadapi Amerika Serikat di babak 16 besar di Rustenburg, Sabtu.

Dari lima tim Afrika lainnya di putaran final Piala Dunia tersebut, Afrika Selatan, Aljazair, Nigeria, dan Kamerun sudah tersingkir dan Pantai Gading memerlukan keajabian untuk lolos dari Grup G.

Ghana juga merupakan satu-satunya tim Afrika yang mencapai 16 besar empat tahun lalu di Jerman, tempat mereka kalah dari Brasil.

"Kami ucapkan selamat kepada Ghana yahg mempertahankan wakil Afrika di turnamen tersebut dan berharap mereka mendapat keberuntungan baik melawan AS," kata Juru Bicara Panitia Penyelenggara Lokal Rich Mkhondo.

"Kami berbuat demikian karena ... ini adalah Piala Dunianya Afrika, suatu pesta di Afrika dan karenanya kami selalu berkeinginan dan berharap bahwa tim Afrika tersebut berhasil.

"Sepak bola adalah suatu pertandingan. Anda memenangi beberapa pertandingan, dan Anda kalah dalam pertandingan lainnya. Hanya ada enam tim Afrika, tetapi keseimbangan tidak menguntungkan tim Afrika.

"Yang ingin kami katakan adalah kami ingin menunjukkan kepada dunia bahwa kami mampu menyelenggarakan suatu event internasional.

"Kami katakan, sebagai penyelenggara kami bangga dengan kenyataan bahwa Ghana masih bertahan".(*)

AFP/S005

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010