Johannesburg (ANTARA News) - Pertandingan penentuan Grup D antara Jerman dan Ghana di Stadion Soccer City, Johannesburg, Rabu (Kamis WIB), menyuguhkan cerita unik, ketika dua kakak beradik harus saling berhadapan membela negara berbeda.

Jorome Boateng, pemain asal klub Manchester City, membela Jerman, sementara kakak tirinya Kevin-Prince Boateng, kelahiran dan besar di Berlin, membela Ghana.

Kevin-Prince yang membela Portsmouth, dianggap sebagai penyebab cederanya bintang Chelsea Michael Ballack di final Piala FA beberapa waktu, karena ganjalan kerasnya membuat Ballack harus absen membela Jerman.

Meski akhirnya Ghana kemudian kalah 0-1 menghadapi Jerman, dua kakak beradik dari satu ayah itu masih tetap bisa bergembira. Ghana tetap lolos ke babak 16 besar karena unggul selisih gol dengan Australia yang pada pertandingan lain mengalahkan Serbia 2-1.

Sejauh ini, hanya Ghana yang menjadi harapan benua Afrika untuk berkiprah lebih jauh menyusul tersingkirnya Afrika Selatan dan Nigeria.

Kamerun juga sudah dipastikan tersingkir karena sudah dua kali mengalami kekalahan, masing-masing dari Jepang (0-1) dan Denmark (1-2). Sementara Pantai Gading, satu lagi wakil yang sebelumnya lebih dijagokan, harus menang besar menghadapi Korea Utara pada pertandingan terakhir, Jumat (25/6) di Nelspruit.

(A032)









Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010