Jakarta (ANTARA News) - Tim nasional (timnas) Amerika Serikat (AS) akan menghadapi laga hidup mati melawan Aljazair dalam lanjutan penyisihan Grup C Piala Dunia 2010 di Stadion Loftus Versfeld, Pretoria, Rabu malam.

AS yang masih berada di posisi kedua klasemen sementara Grup C dengan tabungan nilai dua akan terancam gagal ke 16 besar jika Inggris berhasil mengalahkan Slovenia.

Inggris yang punya nilai sama dengan AS tetapi kalah produktifitas gol memang harus menang atas Aljazair jika masih berniat menjuarai Piala Dunia untuk kedua kalinya.

Tetapi AS akan menghadapi sedikit tantangan karena striker Robbie Findley harus absen karena akumulasi kartu kuning. Akibatnya Clint Dempsey yang mencetak gol ketika menahan imbang Inggris 1-1 akan diturunkan sebagai striker.

Sementara Aljazair tampaknya tidak akan begitu saja menyerah di kaki AS. Meski tercecer di posisi bontot klasemen Grup C Sang Rubah Gurun masih punya harapan untuk lolos ke fase gugur untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Skenarionya adalah dengan selain mengalahkan AS dan Inggris pun harus kalah dari Slovenia. Jika Slovenia berhasil menahan imbang Inggris maka itu sudah cukup untuk mengusir The Three Lions pulang lebih awal.

Catatan Pertemuan

Afrika Selatan akan menjadi saksi pertemuan pertama AS dan Aljazair.

Fokus Pemain

AS akan kembali bertumpu pada visi dan kecepatan gelandang Landon Donovan. Pemain yang sempat merumput bersama klub Inggris Everton itu adalah pencetak gol terbanyak dalam sejarah AS dengan torehan 43 gol dalam 125 penampilan bersama timnas.

Penjaga gawang Rais M'Bolhi telah membuktikan kepada pelatih Rabah Saadane bahwa ia pantas mengamankan pertahanan terakhir Aljazair. Ketenanganya saat menahan Inggris imbang tanpa gol membuktikan kelasnya di level Internasional.

Data Laga

Tempat: Stadion Loftus Versfeld, Pretoria.

Wasit Utama: Frank de Bleeckere (Belgia)

Wasit Garis: Peter Hermans & Walter Vromans (Belgia)

Wasit Keempat: Subkhiddin Mohd Salleh (Malaysia).
(Ber/A024) 

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010