Pretoria (ANTARA News/Reuters) - Kamerun menjadi tim pertama yang tersingkir dari Piala Dunia setelah kalah 1-2 dari Denmark, meskipun sempat memimpin lebih dahulu dan bermain keras dalam pertandingan Grup E pada Sabtu waktu setempat.

Dengan kekalahan itu juga berarti bahwa Belanda dipastikan melangkah ke putaran kedua setelah tim Oranye itu menundukkan Jepang 1-0 pada pertandingan sebelumnya. Kamerun tidak punya lagi peluang lolos ke putaran selanjutnya karena menelan kekalahan pada dua pertandingan pertama mereka.

Pertandingan semakin memanas ketika kapten tim yang juga penyandang gelar tiga kali sebagai pesepakbola terbaik Afrika Samuel Eto`o memberi keunggulan bagi timnya pada menit ke-10, namun selanjutnya tim itu tidak berkutik setelah terjadinya dua gol Denmark yang dicetak Nicklas Bendtner dan Dennis Rommedahl.

Sementara dengan hasil itu, maka Denmark bisa melangkah ke putaran berikutnya jika tim itu mampu mengalahkan Jepang dalam pertandingan terakhir mereka.

Setelah kalah dari Jepang, pelatih Kamerun Paul Le Guen memasukkan bek berpengalaman Alexandre Song dan Geremi dan juga pemain depan Achille Emana, dan membangkucadangkan Jean Makoun, Eric Choupo-Moting dan Joel Matip.

Setelah Eto`o menjebol gawang Denmark, Denmark mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-33 melalui Bendtner.

Denmark yang memanfaatkan kemelut menuai hasil melalui Rommedahl yang mencetak gol pada menit ke-66.(*)

(uu.A020/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010