Jakarta (ANTARA News) - Berakhir imbang di babak pertama laga tuan rumah Afrika Selatan (Afsel) kontra Meksiko berlangsung atraktif penuh jual beli serangan tetapi sayang keputusan wasit menganulir gol Carlos Vella di menit 37 justru menuai pertanyaan.

Disaksikan lebih dari 90.000 penonton yang memadati Stadion Soccer City, Johannesburg, Meksiko berhasil mengurung pertahanan Afsel yang digalang oleh Kapten Aaron Mokoena.

Dengan penguasaan bola 61 persen Meksiko berhasil menekan permainan Afrika Selatan yang hanya bisa membalas lewat serangan balik. Total delapan tendangan ke gawang dilesakan oleh punggawa-punggawa Meksiko yang hanya bisa dibalas tiga sepakan oleh Afsel.

Bahkan pada menit 37, Vela berhasil menjebol gawang Afsel yang dijaga Itumeleng Khune setelah memanfaatkan sepakan pojok Giovani dos Santos tetapi dianulir Wasit Ravshan Irmatov asal Uzbekhistan.

Keputusan wasit itu patut dipertanyakan karena Vela sama sekali tidak off side ketika menendang bola ke dalam gawang Afsel. Steven Pienaar Berdiri tepat di belakang striker Arsenal itu.

Meski diprotes oleh oleh pelatih dan pemain Meksiko, wasit bergeming dan laga dilanjutkan.
(Ber/A024) 






Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010