Pretoria (ANTARA News) - Harapan Lionel Messi mendapat mahkota sebagai pemain terbaik di Piala Dunia dapat dihancurkan dengan kondisinya yang mengalami kelelahan, sekalipun Tim Argentina, Kamis, mengatakan ke-23 anggota kesebelasan itu dalam kondisi fit.

"Ia (Messi) sudah tiba di Piala Dunia dalam kondisi kelelahan, kehancuran sudah dilakukan, dan hal itu sudah jelas," kata pelatih kebugaran Argentina Fernando Signorini dalam wawancara dengan sebuah majalah olahraga Catalan.

Namun, tim dokter Donato Villani saat jumpa pers mengatakan bahwa anggota skuad Argentina di bawah pelatih Diego Maradona termasuk Messi dalam kondisi fit untuk seleksi pertandingan pembukaan Grup B melawan Nigeri Sabtu (12/6).

"Ke 23 pemain Argentina, semuanya dalam kondisi optimal," kata Villani dalam pernyataannya di press room usai tim melakukan latihan terakhir.

Signorini, pelatih kebugaran pribadi Diego Maradona selama karirnya di Eropa, mengatakan terlalu banyak apa yang diharapkan terhadap upaya mengubah ke 23 pemain muda itu dalam dua minggu.

"Panitia mengkhawatirkan pengendalian pemberian obat, tapi hal itu tidak terjadi bila para pemain melakukan 70 kali pertandingan dalam satu tahun," ia mengatakan dalam pekan ini setelah kunjungan petugas anti-doping ke Kamp Argentina di Universitas Pretoria.

Tampak Baik

Para penggemar maupun awak media melihat sedikit kehebatan Barcelona pada empat minggu terakhir sekalipun Messi telah dilibatkan dalam pelatihan yang dilakukan Argentina selama dua minggu tim itu berada di Afrika Selatan.

Argentina menang 5-0 terhadap Kanada pada pertandingan pemanasan 17 hari lalu sekalipun Messi mengalami cedera ringan pada pertandingan terakhirnya di La Liga pada 16 Mei. Sebelumnya ia bermain terakhir untuk Argentina melawan Jerman di Munich pada 3 Maret.

"Menurut saya ia cukup baik, sangat tekun, memimpikan menghadapi event besar Piala Dunia. Tapi, saya lihat terlalu banyak beban yang menumpuk pada dirinya apa yang akan terjadi pada Piala Dunia kalau dia tampil tidak baik, makanya mengapa kita ber-23 ada dalam skuad ini," katanya dalam jumpa pers.

"Saya berharap ia dapat bersemangat dalam sepakbola," kata Signorini dan menambahkan bahwa Messi adalah sebuah genetik ajaib, karena dalam satu gerakan dia mampu membuatnya enam hingga tujuh gerakan.

"Makanya dia disebut sebagai salah satu pemain terbaik dalam sejarah dan yakin pada pertandingan Piala Dunia ini ia akan menjadi lebih baik daripada saat ini karena sadar akan bakatnya ia akan menambah pengalaman," katanya. ***4***
(/F002/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010