London (ANTARA News)- Tampilnya tim-tim besar bertabur bintang macam Brazil, Inggris, atau Spanyol di Piala Dunia Afrika Selatan, menjadikan negara-negara itu buah bibir para penggila bola di seluruh dunia.

Akankah mereka menjadi bagian yang tetap berdiri tegap di lapangan hijau sampai pluit panjang terakhir dibunyikan?

Sebuah jajak pendapat yang diadakan oleh BBC Sport melibatkan para pakar sepak bola dari seluruh dunia tampaknya akan memberi jawaban tim mana saja yang akan berada di jajaran empat besar turnamen akbar empat tahunan itu mulai hari Senin sampai Kamis (10/6).

Menurut survey itu, Three Lions akan mengakhiri perjuangan mereka di tempat Keempat, mengulang sejarah Piala Dunia 1990 ketika mereka dihempaskan Jerman dalam drama adu penalti di babak semi final lalu dipermalukan Italia 2-1 dalam perebutan tempat ketiga.

Akan tetapi beberapa pakar mengatakan berkat tuah pemain bintangnnya dan sentuhan Midas dari Fabio Capello, Inggris bisa menembus empat besar dan bahkan menggondol trofi seperti pada tahun 1966.

Socrates, salah satu legenda Brazil mengatakan Wayne Rooney dapat menginspirasi Inggris membawa pulang gelar juara ke Negeri Ratu Elizabeth itu.

"Dewasa ini sangat penting memiliki tim yang bagus dan juga pemain kunci untuk mempertontonkan superioritas," kata Socrates.

Sementara mantan bek Swedia, Jan Olson, menempatkan Inggris di atas Jerman, Pantai Gading, dan Brazil di jajaran empat besar.

"Menurut saya inilah kesempatan bagi mereka, telah lama sejak 1966. Mereka punya pelatih yang bagus, lebih baik dari negara lain, dan beberapa pemain bagus juga," tekan Olson.

Mantan gelandang Inggris Geoff Thomas juga bagian dari mereka yang yakin The Three Lions akan menjadi yang paling terakhir pulang dengan kepala tegak kebanggaan.

"Inggris akan menjuarai Piala Dunia karena saya kira kami punya tim yang dijagokan sebagai juara," kata Thomas.

Lebih dari 50 pakar di sedikitnya 20 negara terlibat dalam survey BBC itu.
(Ber/A024) 





Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010