Makassar (ANTARA News) - Jumlah calon haji Embarkasi Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, yang sudah tiba di Mekkah sebanyak 12.510 orang.

Wakil Kepala Bidang Dokumen Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar, Solihin, di Makassar, Selasa, mengatakan, Calhaj tersebut berangkat dalam 35 kelompok terbang (kloter).

Saat ini, kata dia, masih terdapat satu kloter lagi yang masih berada dalam perjalanan menuju ke Kota Mekkah.

"Selain berada di kota Mekkah, masih terdapat pula satu kloter Calhaj yang berada di Jeddah 359 orang," terangnya sembari menambahkan bahwa tidak ada yang masih berada di Madinah.

Ia mengatakan, perhitungan waktu yang digunakan untuk mencapai kota Madinah dan Mekkah adalah sama dengan perhitungan melakukan Shalat sebanyak 40 kali.

"Menurut data, posisi kedatangan Calhaj Embarkasi Makassar di Arab Saudi, hingga saat ini jumlah Calhaj sudah mencapai 13.598 orang yang terdiri dari 38 kloter," terangnya.

Jika dipersentasekan, jumlah Calhaj yang sudah berada di Tanah Suci sudah mencapai 86,32 persen dari total Calhaj yang berangkat melalui Embarkasi Makassar.

Ia menambahkan, masih ada satu kloter yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada Rabu (10/11) dari Embarkasi Makassar

"Pada musim Haji tahun ini, diperkirakan jumlah Calhaj yang diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Embarkasi Makassar sebanyak 15.752 orang," terangnya.

(ANT-103/S016/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010