Boyolali (ANTARA News) - Iring-iringan bus yang mengangkut rombongan calon haji kelompok terbang 83 asal Kota Semarang, Minggu, mengalami kecelakaan di jalur Sragen-Solo kilometer 7, tepatnya di Gardu Duyungan, Kecamatan Sidoharjo, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Menurut Kasubag Humas Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surakarta, Taufiqorrahman, kecelakaan lalu lintas bus yang mengangkut calhaj asal Kota Semarang, terjadi di Desa Duyungan, Sidoharjo, Sragen, sekitar pukul 14.30 WIB.

Namun, kata Taufiqorrahman, dalam kejadian tersebut tidak mengakibatkan korban jiwa maupun luka dari rombongan calhaj tersebut.

Menurut Taufiqorrahman, kejadian tersebut berawal dari rombongan calhaj asal Kota Semarang yang diberangkatkan dari Asrama Haji Donohudan, Boyolali menuju Bandara Juanda Surabaya.

Rombongan calhaj sebanyak 380 jemaah tersebut dengan menumpang 10 bus yakni bus satu hingga 10, dan diberangkatkan dari asrama sekitar pukul 13.00 WIB.

Rombongan calhaj secara beriringan menggunakan 10 bus itu, dari arah Solo menuju Sragen, sesampainya di tempat kejadian perkara, bus pertama hendak melanggar sebuah mobil Suzuki Jimmy dengan arah sama.

Menurut dia, saat bus pertama calhaj sejajar dengan mobil Jimmy itu, sebuah sepeda motor juga menyalip di antara dua kendaraan tersebut. Sepeda motor diduga bersenggolan dengan mobil Jimmy dan terjatuh.

Sopir bus pertama calhaj saat bersamaan berusaha menghindar terjatuh sepeda motor dengan mengeremnya secara mendadak otomatis rentetan bus yang dibelakangan menabrak bus calhaj yang ada di depannya.

"Pengendara sepeda motor meski terjatuh tidak terluka dan dia langsung berdiri dan pergi melarikan diri," katanya.

Kendati demikian, kata dia, dari 10 bus yang membawa calhaj tersebut ada tiga bus yang mengalami kerusakan bagian depan dan tidak dapat melanjutkan ke perjalanan ke surabaya.

Namun, pihak penerbangan Garuda Indonesia yang bertanggung jawab masalah angkutan calhaj dari asrama haji ke Bandara Juanda Surabaya, kemudian mendatangkan tiga bus cadangan dari Solo.

"Rombongan calhaj dapat melanjutkan perjalanan lagi ke Bandara Juanda Surabaya. Karena, calhaj kloter 83 ini harus diterbangkan ke Arab Saudi melalui Bandara Juanda, pada pukul 21.00 WIB," katanya.

Menurut dia, pihaknya terus mendampingi rombongan haji hingga ke Surabaya dan dalam kejadian itu, tidak ada seorang jemaah yang terluka, sehingga mereka dapat melanjutkan ke Bandara Juanda.

Kendati demikian, PPIH mengimbau kepada masyarakat atau pengguna jalan agar memberikan kesempatan jalan atau mengutamakan apabila ada iring-iringan rombongan calhaj supaya lancar dan selamat hingga tujuan.

Sementara PPIH Embarkasi Surakarta hingga kloter 82 telah memberangkatkan sebanyak 31.022 calhaj ke Tanah Suci dari 33.469 jemaah yang dijadwalkan.(*)
(U.B018/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010