Cilegon (ANTARA News) - Calon Jemaah Haji (Calhaj) Kota Cilegon rata-rata berusia 50 tahun, bahkan tidak sedikit yang sudah 80 tahun, namun demikian kondisi mereka dinyatakan sehat dan layak untuk  pergi ke tanah suci Mekkah.

"Kalau di rata-ratakan mereka yang pergi haji tahun ini berusia 50 tahun, namun selain itu ada juga yang sudah 80 tahun," kata Kepala Seksi Urais dan Haji pada Kementerian Agama Kota Cilegon, Badri Hasun, Kamis.

Badri mengatakan, kendati usia Calhaj sudah setengah abad, kondisi fisik dan mental dianggap layak dan memenuhi persyaratan untuk menunaikan ibadah haji.

"Secara medis mereka sudah membuktikan, kalau kondisi tubuhnya fit dan prima. Bukti Itu dilakukan oleh Dinas Kesehatan kepada seluruh jemaah beberapa waktu lalu," katanya menambahkan.

Selain itu, Calhaj Cilegon yang secara keseluruhan berjumlah 778, didominasi oleh perempuan yakni berjumlah 402, sedangkan untuk laki-lakinya hanya 376 orang.

"Dan jika dilihat dari jenis pekerjaan adalah Ibu rumah tangga sebanyak 301 orang. PNS 70, petani 17, pedagang 23, pegawai BUMN atau BUMD 158 orang, pensiunan 20, pelajar atau mahasiswa tujuh orang, sedangkan pegawai swasta 179, dan TNI/Polri hanya tiga orang," katanya menjelaskan.
(ANT/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010