Padang (ANTARA News) - Dari 7.321 jemaah haji debarkasi Padang, yang berasal dari Sumatra Barat, Bengkulu, dan Jambi, 6.439 diantaranya sudah dipulangkan ke tanah air.

Data dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi/embarkasi Padang, Minggu, menyebutkan jemaah haji yang telah dipulangkan melalui Bandara Internasional Minangkabau (BIM) sebanyak 20 kelompok terbang (kloter).

Sekretaris PPIH Debarkasi Padang, H. Japeri Jarap, menjelaskan jemaah haji kloter 20 debarkasi Padang, mendarat di BIM pada 06:30 WIB atau sesuai jadwal direncanakan.

Jemaah haji kloter 20 tergabung, sebanyak 243 orang asal Kota Payakumbuh, 62 orang asal Kota Sawahlunto dan 15 orang dari Padang, plus lima petugas.

"Kloter 20 berangkat 325 orang dan kembali dengan jumlah yang sama," ujarnya dan menyebutkan, sebanyak 12 orang jemaah asal Embarkasi/Debarkasi Padang wafat di Tanah Suci.

Lebih lanjut dijelaskan Japeri, pada Senin (28/12) dijadwakan sekitar pukul 07:00 WIB kloter 21 asal Kabupaten Dharmasraya, Padang mendarat di BIM.

Sedangkan Senin siang akan mendarat jemaah haji yang tergabung dalam kloter 22 asal Kabupaten Tanah Datar, Koto Pariaman dan Padang.

Bandara Internasional Minangkabau dipercaya menjadi penyelenggara pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji berlangsung sejak tiga tahun lalu, yakni melayani calon haji asal Sumbar, Bengkulu dan Jambi.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009