Padang (ANTARA News) - Pemulangan jemaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) I Debarkasi Padang, Sumatera Barat (Sumbar) dari Tanah Suci Makkah dimulai pada 4 Desember 2009.

Kepala Bidang Haji Kantor Wilayah Departemen Agama (Kanwil Depag) Sumbar, H. Japeri Jarap, di Padang, Minggu, menyebutkan, jemaah Kloter I itu berasal Kota Padang, Padang Pariaman dan Kabupaten Pesisir Selatan.

Jemaah haji Kloter I Debarkasi Padang terdiri asal Kabupaten Padang Pariaman, berjumlah 186 orang dan asal Pesisir Selatan sebanyak 112 orang serta asal Kota Padang 22 orang, plus lima petugas haji.

Japari menjelaskan, sampai kini kloter I masih lengkap jumlahnya sebanyak 325 orang dan diharapkan semuanya selamat tiba di Tanah Air hingga ke daerahnya masing-masing.

Secara umum, tambahnya, kondisi jemaah haji asal Embarkasi/Debarkasi Padang sehat walafiat saja.

Dijadwalkan pada Minggu (29/11) sore jemaah haji gelombang pertama Embarkasi/Debarkasi Padang berangkat melakukan tahapan haji, yakni Tawwaf Ifadah dan Sa`i.

Setelah tahapan haji selesai jemaah haji Kloter I-VIII yang merupakan gelombang pertama akan beristirahat menunggu jadwal pemulangan pada pekan pertama bulan depan.

Sementara itu, jemaah haji dari Kloter VIX-XXIII akan melakukan tahapan haji, yakni ibadah arbain di Madinah.

Menyinggung tentang jemaah haji asal Embarkasi Padang yang meninggal dunia hingga 29 November 2009, Japeri mengatakan, masih lima orang dan diharapkan tak ada penambahan, tapi yang M asal Lebong Bengkulu, masih dirawat karena dugaan gangguan jiwa.

Embarkasi/Debarkasi Padang pada musim haji 2009 memberangkatkan calon jemaah haji ke Makkah Suci sebanyak 7.321 orang, lima di antaranya wafat di Tanah Suci.

Bandara Internasional dipercaya menjadi penyelenggara pelaksanaan pemberangkatan dan pemulangaan calon jemaah haji berlangsung sejak tiga tahun lalu, yakni melayani calhaj asal Sumbar, Bengkulu dan Jambi.(*)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009