Tasikmalaya (ANTARA News) - Jumlah seluruh jemaah calon haji (calhaj) asal Kabupaten/Kota Tasikmalaya yang berangakat ke Tanah Suci pada 1430 H tercatat sebanyak 528 orang yang terbagi dalam tiga kloter, yakni 32, 73 dan 80.

Calhaj yang tergabung dalam Kloter 73 itu akan diberangkatkan dari Asrama Haji Kota Tasikmalaya pada hari Rabu, 18 November, sekitar pukul 05:00 WIB, kata Kepala Kantor Departemen Agama (Kandepag) Kota Tasikmalaya, H Dede Abdulloh melalui Humas Kandepag, Dudi, Selasa.

Tercatat sebanyak 123 jemaah calon haji (calhaj) asal Kota dan Kabupaten Tasikmalaya Kloter 73 tersebut diberangkatkan dari Masjid Agung menuju Asrama Haji Kota Tasikmalaya, Senin (sekitar pukul 22:00 WIB, katanya.

Pemberangkatan Calhaj Kloter 73 itu disatukan dengan Calhaj Kabupaten Tasikmalaya yang jumlahnya hanya 35 orang, sesuai kesepakatan awal, bahwa pemberangkatannya disatukan dalam satu kloter bersama 88 calhaj asal Kota Tasikmalaya, katanya.

"Karena satu KBIH dan di kabupaten jumlah jemaahnya sedikit maka disatukan pemberangkatannya pada Kloter 73," katanya.

Namun, kata Dudi, untuk pemberangkatan jemaah haji pada kloter selanjutnya tidak disatukan, melainkan masing-masing wilayah dan kloternya.

Ia menerangkan pemberangkatan jemaah haji selanjutnya atau pemberangkatan terakhir untuk jemaah asal kota Tasikmalaya di Kloter 80 sebanyak 111 orang yang diberangkatkan, Kamis (19/11).

"Untuk Kloter 80 pemberangkatan terakhir jemaah asal Kota Tasik tidak disatukan lagi dengan Kabupaten," katanya.

Ia mengatakan, pemberangkatan Kloter 73 merupakan pemberangkatan kedua jemaah haji asal Kota Tasikmalaya dan pemberangkatan ketiga asal Kabupaten Tasikmalaya.

Ia menerangkan jemaah haji Kloter 73 dijadwalkan Selasa (17/11) pukul 07:00 WIB diterima di Asrama Haji di kota tersebut, dan selanjutnya pemberangkatan ke Tanah Suci pada hari Rabu (18/11) pada pukul 00::30 WIB.

Semua jemaah haji Kloter 73 seluruhnya dinyatakan lulus dari pemeriksaan dokter dalam keadaan sehat, bahkan tidak ada jemaah dalam pemberangaktan sedang dalam kondisi sakit.

Ia berharap jemaah haji asal Kota Tasikkmalaya dalam keadaan sehat selama pemberangkatan, menunaikan ibadah haji di Tanah Suci Mekah hingga kembali lagi ke Tanah Air, dan ke rumahnya masing-masing.

"Mudah-mudahan semuanya sehat lancar dan selamat tidak ada masalah dalam menunaikan ibadah haji," katanya. (*)

Editor: Ricka Oktaviandini
Copyright © ANTARA 2009