Palu (ANTARA News) - Calon jemaah haji (calhaj) asal Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) yang tergabung di kelompok terbang (kloter) 11 BPN (Balikpapan), Ahad (8/11) terbang ke Bandara Embarkasi Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Kloter yang terdiri atas 320 calhaj itu bertolak dari Bandara Mutiara Palu dengan dua kali penerbangan menggunakan maskapai penerbangan milik Lion Air.

Selanjutnya sesuai jadwal, mereka akan terbang ke Jeddah pada pukul 23.15 waktu setempat. Sebelumnya mereka juga akan singgah di Asrama Haji Balikpapan.

Sementara itu, ratusan pengantar calhaj kloter 11 itu terlihat haru melepaskan familinya untuk menunaikan ibadah haji.

Para pengantar itu hanya bisa melihat dari kejauhan sambil menyaksikan keluarganya memasuki pesawat hingga terbang meninggalkan landasan.

Kloter 11 BPN terdiri atas 320 calhaj serta tim pemandu dan tim kesehatan haji sebanyak lima orang.

Kloter tersebut berasal dari Kota Palu sebanyak 302 orang, Kabupaten Donggala (14), Kabupaten Tolitoli (2), dan Kabupaten Banggai (1).

Setiap tahunnya calhaj asal Kota Palu selalu menjadi yang terbanyak dibandingkan daerah lainnya di Sulteng.

Sementara itu, calhaj terbanyak kedua berasal dari Kabupaten Donggala dengan jumlah 338 orang, sedangkan calhaj yang berjumlah paling sedikit berasal dari Kabupaten Tojo Una-Una dengan jumlah 28 orang.

Secara keseluruhan, calhaj Sulteng tahun ini berjumlah 1.776 orang dan terbagi dalam enam kloter. Jumlah tersebut belum ditambah tim kesehatan, tim pemandu, dan petugas lainnya yang berjumlah 15 orang, sehingga total yang berangkat ke Tanah Suci sebanyak 1.802 orang.

Setiap kloter akan masuk ke asrama haji Palu secara bertahap mulai 6 Oktober dan selanjutnya terbang ke Jeddah pada 7 Oktober 2009.

Jemaah calon haji Sulteng tersebut rencananya akan tiba ke Tanah Air pada 19 Desember 2009 sesuai dengan kloternya masing-masing. (*)

Editor: Imansyah
Copyright © ANTARA 2009