Merak (ANTARA News) - Dinas Perhubungan Kota Cilegon mempersiapkan 30 bus untuk ribuan penumpang yang terlantar di Terminal Terpadu Merak (TTM).

"Kami sudah melakukan koordinasi dengan pihak pool bus di Tangerang dan Jakarta, agar disiapkan 30 bus untuk ribuan pemudik yang hendak ke meneruskan ke Jakarta, setelah dari Bakauheni, Lampung," kata Kasubag TTM pada Dishub Kota Cilegon, Candra Tika Putranto, Minggu petang.

Dia menjelaskan, 30 bus yang saat ini tengah berada di jalan dan tengah terjebak di jalan tol. "Kurang lebih untuk 30 bus itu nantinya, akan mampu menyeberangkan sebanyak 1.350 orang," katanya.

Sementara itu, untuk jurusan angkutan tergantung dari penumpang yang belum terangkut. "Bus cadangan akan kita gunakan sesuai dengan jumlah penumpang favorit," katanya menambahkan.

Pantauan di lokasi, ribuan penumpang masih belum bisa berangkat ke tempat tujuan. Pada umumnya, mereka hendak ke Kampung Rambutan dan Kali Deres.

Sementara itu, menurut laporan petugas ASDP Indonesia Ferry, Merak, akan ada dua kapal ferry yang hendak sandar dan bongkar muatan di Pelabuhan Merak.

"Nanti puk 19.30 WIB, dua kapal akan bongkar dari Bakauheni di Dermaga I dan II Pelabuhan Merak," katanya.
(ANT152/B012)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010