Palembang (ANTARA News) - PT Angkasa Pura II memperketat pengamanan di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumatera Selatan, untuk memperlancar arus mudik dan balik Lebaran 2010.

Kepala Divisi Operasi PT Angkasa Pura II setempat, Iskandar Hamid, di Palembang Kamis mengatakan, pihaknya memperketat pengamanan Bandara tersebut agar arus mudik dan balik Lebaran berjalan lancar.

Selain itu, pengamanan yang maksimal itu untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan termasuk penjualan karcis melalui calo, ujar dia.

Menurut dia, kesemuanya itu perlu diantisipasi supaya penumpang pesawat di Bandara Internasional itu berjalan lancar.

Selain itu, kata dia, pengamanan yang diperketat itu karena arus penumpang menjelang Idul Fitri 1431 Hijriah ini sudah ramai sehingga perlu pengawasan yang maksimal.

Mengenai masalah pengamanan itu pihaknya dibantu aparat TNI Angkatan Udara yang jumlahnya juga lebih banyak dibanding sebelum tujuh hari lebaran, ujar dia.

Untuk mengamankan arus mudik dan balik itu pihaknya dibantu sebanyak 20 prajurit TNI AU, kata dia, sedangkan hari biasa hanya 15 personel.

Selain aparat TNI, dalam pengamanan arus mudik itu pihaknya dibantu Polda Sumsel karena di bandara tersebut juga didirikan posko.

Aparat kepolisian yang menjaga posko itu sebanyak 25 orang yang penugasannya dilaksanakan secara bergilir, ujar dia.

Melalui pengamanan yang maksimal itu diharapkan penumpang arus mudik dan balik melalui Bandara yang telah menjadi embarkasi haji tersebut semakin nyaman, tambah dia.

(U005/A041/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010