Bandung (ANTARA News) - Sekitar 200 penumpang di Terminal Cicaheum Bandung, Jawa Barat, terlantar hingga beberapa jam karena bus yang mengangkut pemudik terlambat datang ke terminal tersebut.

"Memang ada penumpukan penumpang, jumlahnya sekitar 200 orang. Ini karena bus nya telat datang tapi kami tadi sudah berkoordinasi katanya bus nya sebentar lagi datang sedang dalam perjalanan," kata Kepala Terminal Cicaheum Bandung, Sondang Saragih, Rabu.

Sondang mengatakan, penyebab keterlambatan bus-bus tersebut ialah karena terjadi kemacetan yang terjadi di wilayah Rancaekek, Nagreg, Cileunyi dan Bundaran Cibiru Bandung.

Rata-rata bus yang mengalami keterlambatan datang ialah bus-bus yang melayani pemudik ke Garut, Tasikmalaya, Sumedang dan Majalengka.

Akibat keterlambatan tersebut, para pemudik tampak berkumpul di sekitar terminal.

Keterlambatan bus di Terminal Cicaheum Bandung ini juga terjadi pada H-3 kemarin.

Calon Penumpang yang hendak melakukan perjalanan mudik Lebaran ke arah Tasik, Banjar dan Ciamis mengalami keterlambatan masuk ke Terminal Cicaheum, akibat kemacetan Panjang di daerah Lewo dan Cileunyi.

Keterlambatan yang dialami oleh bus-bus tujuan Tasikmalaya dan Banjar tersebut diakibatkan kemacetan di Pasar Lewo dan Cileunyi, sehingga laju kendaraan tersendat di titik tersebut.

Calon penumpang arah Tasikmalaya yang menunggu sejak Pukul 05.00 WIB, tepaksa menunggu kedatangan bus tujuan kota tersebut, yang memang banyak diminati oleh pemudik tujuan Tasik.

Untuk mengatasi keterlambatan bus tersebut, pihak terminal sendiri hingga saat ini, belum menyiagakan bus cadangan yang sudah disiapkan oleh Dishub Kota Bandung sebanyak 40 unit bus.

(ANT/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010