Semarang (ANTARA News) - Dinas Pehubungan, Komunikasi, dan Informatika Jawa Tengah mencatat lebih dari 70 ribu sepeda motor yang ditumpangi pemudik dari wilayah barat telah memasuki provinsi ini hingga tiga hari menjelang Lebaran 2010.

Kepala Dinas Pehubungan, Komunikasi dan Informatika Jawa Tengah Urip Sihabudin, di Semarang, Selasa mengatakan, jumlah kendaraan yang masuk tersebut didasarkan atas pemantauan yang dilakukan di sejumlah jembatan timbang yang berada di perbatasan dengan Jawa Barat.

Selain sepeda motor, kata dia, jumlah pemudik yang menggunakan mobil pribadi yang masuk Jawa Tengah hingga hari ini sudah mencapai 54 ribu kendaraan

Ia memperkirakan, jumlah pemudik yang menggunakan pribadi yang memasuki wilayah ini masih akan bertambah.

"Puncak arus mudik diperkirakan terjadi pada sehari menjelang Lebaran," katanya.

Adapun kondisi arus lalu lintas di jalur pantai utara (Pantura) Jawa Tengah, lanjut dia, pada tiga hari menjelang Lebaran ini cukup padat.

"Berdasarkan pantuan hari ini, pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi memadati jalur Pantura, sehingga arus lalu lintas berjalan merambat," katanya.

Selain jalur darat, Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika juga mencatat peningkatan kedatangan pemudik yang menggunakan moda transportasi udara dan laut.

Jumlah pemudik yang datang melalui Bandara Ahmad Yani Semarang pada beberapa hari terakhir telah mencapai 9.098 orang, sementara di Pelabuhan Tanjung Emas kedatangan pemudik telah mencapai lebih dari 1.700 orang.

(I021/A035/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010