Jakarta (ANTARA News) - Tiga hari menjelang hari raya Idul Fitri, para pedagang di Pusat Industri Kecil (PIK) Penggilingan, Jakarta Timur, meraup untung berlipat karena banyak konsumen yang berbelanja di tempat itu untuk keperluan Lebaran.

"Sejak satu pekan yang lalu PIK selalu dibanjiri pengunjung, sehingga penjualan saya terus meningkat, dikarenakan masyarakat banyak yang berburu sesuatu dalam menyambut lebaran," kata Rohimah, pedagang baju muslim di PIK, Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan, meningkatnya penjualan pakaian muslim menyebabkan pihaknya meraup untung sekitar Rp500 ribu hingga Rp1 juta perhari.

Ia menjelaskan, menjelang lebaran para pengunjung hampir setiap hari memadati PIK, terutama di malam hari, sehingga para pedagang di sini meraup untung yang berlipat.

Hal senada diungkapkan, Fahmi, pedagang sepatu dan sandal di PIK, mengatakan pihaknya selalu kebanjiran permintaan sandal, sehingga ia meraup untung yang berlipat dari biasanya.

"Alhamdulillah penjualan sandal dan sepatu saya hampir setiap hari laris diburu para pembeli untuk persiapan lebaran, sehingga omzet yang saya peroleh berlipat hingga Rp500 per hari," ujarnya.

Hal yang sama diamini Rizal, pedagang perlengkapan shalat di PIK yang mengatakan bahwa pengunjung memadati PIK untuk persiapan menyambut lebaran kerena harga barang di tempat itu lebih terjangkau.

"Masyarakat banyak yang berburu barang, dikarenakan sebentar lagi umat Islam merayakan Idul Fitri, dan para pedagang dapat memanfaatkan moment seperti ini setiap tahunnya, sehingga para pedagang dapat meraup untung yang berlipat," katanya.

(ANT-135/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010