Purwokerto (ANTARA News) - Jumlah penumpang kereta api yang turun di Stasiun Besar Purwokerto, Jawa Tengah, pada Senin (6/9) atau empat hari sebelum Lebaran meningkat hingga 80 persen dari hari biasa.

"Jika hari biasa jumlah penumpang yang turun di Stasiun Purwokerto rata-rata 1.000 orang per hari, pada Senin kemarin mencapai 1.800-an orang atau naik sekitar 80 persen," kata Kepala Humas PT Kereta Api Daerah Operasional V Purwokerto Surono di Purwokerto, Selasa.

Sementara untuk jumlah penumpang turun di seluruh stasiun Daop V, kata dia, seluruhnya mencapai 19.000-an penumpang atau meningkat sekitar 80 persen dari hari biasa.

Ia mengatakan, jumlah tersebut hampir sama dengan kondisi pada periode yang sama pada Lebaran 2009 meskipun sedikit lebih banyak.

Menurut dia, jumlah penumpang turun di seluruh stasiun Daop V pada puncak arus mudik Lebaran 2010 diperkirakan mencapai 23.000 orang.

"Puncak arus mudik di Daop V pada Kamis (9/9) karena pemudik berangkatnya pada H-2 Lebaran atau Rabu (8/9)," katanya.

Disinggung mengenai penumpang yang diberangkatkan dari Stasiun Purwokerto dan stasiun lainnya di Daop V, dia mengatakan, jumlahnya tidak mengalami kenaikan yang berarti.

"Kenaikannya sekitar satu persen dari hari biasa," katanya.

(KR-SMT/S018/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010