"Selain dimanfaatkan sebagai sarana silaturahmi, mudik seringkali digunakan sebagai ajang memamerkan kesuksesan atau kekayaan yang telah diperoleh dari perantauan," katanya di Yogyakarta, Senin.
Ia mengatakan perilaku memamerkan kesuksesan merupakan cara untuk mendapatkan kesan bahwa ada peningkatan status sosial pada diri orang tersebut.
"Misalnya agar dilihat lebih sukses di perantauan, pemudik harus menyewa mobil, padahal sebenarnya hal itu sedikit dipaksakan dengan kondisi ekonomi yang dimiliki."
Penciptaan simbol status saat ini beragam, tidak hanya berbentuk kendaraan seperti motor atau mobil, tetapi dapat berupa perhiasan atau yang atau alat-alat elektronik.
Soeprapto mengatakan penciptaan status sosial semu semacam inilah yang terkadang dapat merusak makna serta hakikat mudik.
"Peristiwa mudik sebaiknya tidak semata-mata diartikan sebagai mudik biologis dalam rangka mengobati rasa kangen pada sanak keluarga dan kampung halaman, tetapi juga mudik spiritual untuk kembali kepada kesucian," katanya.
Ia mengatakan banyak sisi positif yang dapat diambil dari momentum mudik. "Ketika mudik tentu ada komunikasi motifatif yang terjalin antara perantau sukses dan sanak famili yang belum maju secara ekonomi," katanya.
Menurut Soeprapto, mudik lebaran berbeda dengan libur pada hari-biasa, baik dari sisi semangat maupun sisi emosional.
"Oleh karena itu para pemudik rela berdesak-desakan membeli tiket bahkan macet di perjalanan," katanya.
Soeprapto mengatakan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama yang berasal dari Suku Jawa, mudik merupakan sebuah tradisi yang tidak dapat ditinggalkan.
(ANT158/S025)
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010