Medan (ANTARA News) - Dalam dua hari pelaksanaan Operasi Ketupat Toba guna pengamanan Lebaran 2010, pihak kepolisian telah menemukan tujuh kasus kecelakaan lalulintas di Sumatera Utara (Sumut) yang membawa korban tiga orang meninggal dunia.

Dari jumlah kasus itu, kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah (Kabid Humas Polda) Sumu,t Kombes Pol Baharudin Djahar, di Medan, Minggu, tercatat tiga orang meninggal dunia, lima luka berat dan empat luka ringan.

Baharudin menjelaskan, dalam H-7 Lebaran (Jumat, 3/9) terjadi dua kecelakaan lalulintas yakni di jalan umum di Dusun Jati Mulyo Desa Kampung Dalam Kecamatan Bilah Hulu, Kabupaten Labuhan Batu yang menyebabkan satu korban luka berat.

Sedangkan kecelakaan lalulintas kedua terjadi di Jalan Medan-Tebing Tinggi KM 51-52 Desa Sei Buluh, Kabupaten Serdang Bedagai dengan satu korban meninggal dunia.

Adapun dalam H-6 Lebaran (Sabtu, 4/9) terjadi lima kasus kecelakaan lalulintas yakni di Jalan Bilal Medan yang menimbulkan satu korba luka berat dan Jalan Jamin Ginting KM 89 dengan satu korban luka berat dan satu luka ringan.

Kemudian, di jalan lintas sumatera di Dusun Teluk Pinang KM 343-344 Torgamba yang merupakan wilayaj hukum Polres Labuhan Batu dengan dua luka berat dan dua luka ringan.

Setelah itu, di jalan umum Dusun Hilim Bosi Kecamatan Tuhemberua Nias Utara yang menyebabkan satu korban meninggal dunia dan satu luka ringan.

Sedangkan kasus kecelakaan lalulintas terakhir terjadi pada Sabtu (4/9) juga berlangsung di Desa Sei Buluh, Serdang Bedagai yang menyebabkan satu korban meninggal dunia.

Pihaknya telah menurunkan personel untuk menangani lokasi kejadian guna mengamankan korban, barang bukti, khususnya untuk memeriksa kasus kecelakaan yang terjadi.

Guna mengantisipasi dan menghindari kemungkinan terjadi kecelakaan lain, pihaknya telah memasang spanduk dan rambu-rambu lalulintas di setiap ruas jalan yang akan dilintasi pemudik.

Menurut catatan, Polda Sumut mengerahkan 3.000 personel dalam Operasi Ketupat Toba untuk pengamanan perayaan Lebaran 2010.
(ANT/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010