Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 170 personil gabungan diturunkan untuk mengamankan Stasiun Kereta Api Gambir, Jakarta Pusat selama musim libur Lebaran 2010, kata Kepala Stasiun Gambir Sofyan Hasan di Jakarta, Sabtu.

"Seluruh petugas yang terdiri atas 90 orang personil keamanan Stasiun Gambir dan 80 orang personil sisanya dari Profesi dan Pengamanan (Propam) Mabes Polri, Dinas Perhubungan (Dishub), Garnisun dan Polda Metro Jaya disebar di seluruh stasiun. Sejauh ini belum ada masalah keamanan yang terjadi," ujarnya.

Sofyan menambahkan Stasiun Gambir juga memiliki sekitar 20 orang petugas yang ditempatkan di posko kesehatan.

Sementara itu, Kepala Pengamanan Obyek Gambir, AKBP Supriyadi, mengatakan sistem pengamanan selama arus mudik dan balik di stasiun Gambir selama 24 jam dibagi tiga shift. Tujuan pengamanan gabungan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang akan mudik melalui stasiun Gambir, ujarnya.

"Pola pengamanan dilakukan di seluruh lantai, loket pembelian tiket, tempat parkir dan tempat naiknya penumpang ke kereta, guna mempermudah dan mengamankannya," kata Supriyadi, menjelaskan.

Pada arus mudik 2010 stasiun Gambir menyediakan 14 ribu kursi untuk penumpang di kereta api setiap harinya.

Setiap hari kereta api yang berangkat dari stasiun Gambir selama arus mudik ada 30 kali keberangkatan.
(A051/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010