assalamu alaikum ustad

pertanyaan saya terkait dalam rumah tangga...

1. apakah suami memiliki hak untuk mengetahui segala macam yang terkait dengan istri termasuk pada hal-hal yang pribadi, misal termasuk untuk melihat inbox sms istri, password email istri, dsb....?

2. apakah istri memiliki hak privasi (kerahasiaan pribadi) yang disimpan dari suami? misalkan mengenai password email, pesan2 dalam sms, dsb?

saya pernah mendengar teori psikologi yang mengatakan bahwa istri pun berhak memilik privasinya, termasuk dari suaminya sendiri...

terima kasih wassalamu alaikum wr wb...

hamba Allah, jakarta

?

Assalamu alaikum wr.wb.

Pada dasarnya rahasia suami atau isteri diketahui oleh kedua-duanya karena mereka telah menjadi satu tubuh dan laksana pakaian yang saling melengkapi dan sangat dekat. Namun jika ada sejumlah rahasia isteri misalnya yang apabila diketahui oleh suami--karena faktor tertentu--akan menimbulkan masalah dalam keharmonisan rumah tangga, maka sebaiknya tidak diberitahukan. Demikian juga sebaliknya.

Hanya saja itu berlaku jika rahasia tadi memang diperbolehkan oleh syariat. Jika tidak sesuai syariat, maka ia harus segera ditinggalkan. Misalnya hubungan dengan pria tertentu, kontak dengan pria asing, dsb, rahasia seperti ini harus segera ditinggalkan oleh isteri. Namun jika email yang dirahasiakan misalnya berisi kontak dengan sejumlah teman wanita yang jika diketahui oleh suami akan mengundang ketertarikan suami kepada mereka, maka sebaiknya dirahasiakan. Ini hanya sekedar contoh.

Hanya saja, jika suami tidak merasa nyaman dengan berbagai rahasia yang disembunyikan oleh suami, maka demi menjaga keharmonisan rumah tangga, hendaknya isteri tidak ? menyimpan rahasia semacam itu.

Wallahu a'lam bish-shawab

Wassalamu alaikum wr.wb.

?

Pewarta: its.hambaallah@gmail.com (yadi
Copyright © ANTARA 2010