Jakarta (ANTARA News) - LinkedIn membeli ChoiceVendor, provider kecil pemeringkat bisnis online dan review, pada Kamis, dan telah melakukan pembicaraan dengan para bankir tentang berbagai "peluang," kata CEO LinkedIn, jejaring sosial Internet yang sedang berkembang pesat.

Ditanya apakah pembelian itu - kedua dalam dua bulan - untuk pembelian dibawah 5 juta dolar, Kepala Eksekutif Jeff Weiner mengatakan angka itu "di kisaran yang tepat."

LinkedIn, yang memiliki anggota melampaui 80 juta pengguna pada Kamis, telah berbicara dengan para bankir tentang berbagai hal, meskipun tidak menutup kemungkinan tentang penawaran perdana, ia mengatakan kepada Reuters dalam sebuah wawancara.

"Mengingat pertumbuhan kami tahun ini, ada banyak peluang kami dan terdapat sejumlah perusahaan, bankir dan orang lain yang tertarik berbincang tentang misi kita, strategis kita, baik atau tidak mereka dapat membantu kami dalam hal apapun," kata Weiner.

"Kami sudah berdiskusi sebelumnya, kita akan terus berdiskusi," katanya, ia menambhkan tidak akan "memasukannya sebagai pembahasan khusus IPO." Dia mencatat bahwa percakapan tersebut telah terjadi sejak dia bergabung dengan perusahaan sebagai presiden interim pada awal 2009.

Sebuah sumber yang dekat dengan masalah mengatakan kepada Reuters bahwa LinkedIn bertemu dengan beberapa bank-bank besar awal tahun ini untuk mengeksplorasi ide IPO.

Peringkat LinkedIn diantara layanan cepat menumbuhkan Web jejaring sosial, di samping Facebook dan Twitter. Berbeda dengan Facebook, yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan teman onlinenya, berbagi foto dan bermain game, LinkedIn, yang memiliki 65 juta anggota pada Mei, lebih memfokuskan kepada hubungan profesional bisnis.

Perusahaan swasta itu, tidak mengungkapkan hasil keuangan, menghasilkan uang dari jasa iklan dan premium.

Weiner mengatakan kesepakatan ChoiceVendor mewakili "akuisisi menguntungkan" oleh LinkedIn, yang mencatat delapan orang dalam sebuah tim termasuk dua pendiri mantan insinyur Google Inc, yang akan membantu mempercepat berbagai proyek perusahaan. ChoiceVendor berbasis di San Francisco.

Perusahaan yang telah berumur 7 tahun itu mengakuisisi pertama kali pada Agustus, yaitu mSpoke.

LinkedIn tidak memiliki tujuan tentang sejumlah kesepakatan itu, kata Weiner, tetapi "sangat terbuka" untuk kesempatan akuisisi.

Pada Februari, LinkedIn disewa Robby Kwok sebagai kepala pengembangan perusahaan untuk mengawasi strategi akuisisi perusahaan.

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010