Paris (ANTARA/ News) - Perusahaan makanan dan kosmetik multinasional Inggris-Belanda, Unilever, Senin mengatakan, bahwa mereka akan membeli kelompok perusahaan perawatan rambut Amerika Serikat, Alberto Culver, senilai 3,7 miliar dolar.

Pada penutupan perdagangan di bursa saham New York, Jumat, Alberto Culver, yang memiliki merek perawatan rambut Alberto VO5, senilai pada 3,1 miliar dolar (2,3 miliar euro).

Unilever mengatakan, pengambilalihan itu harus mendapatkan persetujuan dari otoritas persaingan dan dari pemegang saham dalam Alberto Culver.

Alberto Culver berbasis di Melrose Park di Illinois, dan sebagian dimiliki oleh keluarga pendiri Leonard Lavin.

Perusahaan, yang telah mengakar lebih dari 50 tahun, memiliki penjualan 1,6 miliar dolar pada tahun hingga 30 Juni.

Kepala eksekutif Unilever, Paul Polman, mengatakan bahwa berbagai merek Alberto Culver "akan melengkapi portofolio Unilever yang ada."

Kelompok itu mengatakan bahwa akuisisi "membuat Unilever perusahaan `hair conditioning` terkemuka dunia, yang kedua terbesar di shampo dan ketiga terbesar di styling, dan secara signifikan meningkatkan kehadiran perawatan rambut di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Meksiko dan Australasia, yang semuanya akan menjadi pasar perawatan rambut yang signifikan selama bertahun-tahun yang akan datang."

AFP/A026/M012

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010