Jakarta (ANTARA News) - Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) Jero Wacik memperingati Hari Pariwisata Dunia yang jatuh setiap 27 September, dengan sibuk mengurus toilet di berbagai obyek wisata termasuk museum.

"Saya memperingati Hari Pariwisata bukan dengan upacara besar-besaran tetapi saya berusaha untuk masuk ke akarnya pariwisata, yaitu toilet yang bersih," kata Jero Wacik di Jakarta, Senin, setelah memberikan penghargaan Sapta Pesona Toilet Umum Bersih Museum.

Ia mengatakan, sejak menjabat sebagai Menbudpar, salah satu yang menjadi perhatiannya adalah kebersihan toilet umum di berbagai objek dan tujuan wisata Tanah Air.

Menurut pengamatan dia, sebanyak 70 persen penumpang pesawat terbang begitu turun dari pesawat langsung masuk ke toilet.

"Kalau yang datang adalah turis asing maka toilet di bandara menjadi pintu gerbang pertama masuk ke Indonesia," katanya.

Oleh karena itu, dalam menyambut hari pariwisata dunia, Wacik yang tahun ini merintis Visit Museum 2010 bertekad mendorong toilet-toilet di museum meningkatkan kondisi dan kualitasnya.

Menurut dia, citra Indonesia yang cantik dan indah tidak hanya digambarkan dari poster-poster yang bagus tetapi juga toilet yang bersih dan terawat.

"Betapa bahayanya kalau toilet umum kita kotor dan bau, citra yang sudah kita bangun sebelumnya bisa hancur," katanya.

Ia menegaskan, toilet dalam dunia pariwisata akan menjadi impresi pertama bagi wisatawan.

Saking concern-nya mengurus kebersihan toilet, Wacik bahkan menobatkan sang istri, Triesna Wacik, untuk menjadi Miss Toilet yang menjadi duta toilet bersih ke seluruh Indonesia.

"Saya menugaskan kepada istri saya kalau ke daerah untuk mengecek toilet-toiletnya dan beri penghargaan bagi yang sudah baik," katanya.
(H016/A041)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010