Tanjungpinang (ANTARA News) - Pembalap sepeda dari 20 negara akan mengikuti balap sepeda Tour de Bintan pada 6 Oktober 2010, kata Kepala Dinas Pariwisata Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, Raja Akib Rahim, Senin.

"Jumlah peserta dari luar negeri mencapai 460 orang, 10 orang di antaranya pembalap dari Kepulauan Riau (Kepri)," kata Raja di Tanjungpinang, ibu kota Kepri.

Ia menjelaskan, balap sepeda Tour de Bintan merupakan kegiatan yang dilaksanakan Dinas Pariwisata Bintan setiap tahun. Kegiatan tersebut diyakini dapat meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke wilayah itu.

Menurut dia, pembalap akan melewati sejumlah kawasan wisata di Bintan. Balap sepeda itu sekaligus untuk memperkenalkan keindahan berbagai objek wisata di daerah itu.

Dengan demikian para pembalap sepeda itu diharapkan dapat mempromosikan kawasan wisata di Bintan kepada saudara dan teman-temannya, katanya.

"Kami memadukan olah raga dan wisata menjadi satu paket untuk mempromosikan kawasan wisata di Bintan kepada wisatawan mancanegara. Strategi ini untuk menarik perhatian wisatawan," katanya.

Ia menjelaskan bahwa jumlah peserta Tour de Bintan tahun ini meningkat dibanding tahun sebelumnya yang hanya 100 orang. Peserta itu antara lain berasal dari Malaysia, Singapura, Australia dan Jepang.

Peserta diyakini akan membawa keluarganya mengikuti kegiatan tersebut. Diperkirakan jumlah wisatawan pada saat pelaksanaan Tour de Bintan mencapai 1.500 orang.

"Kami perkirakan peserta dan keluarganya menginap di Bintan selama tiga hari," ungkapnya.

Raja menyatakan keyakinannya bahwa balap sepeda Tour de Bintan itu dapat meningkatkan jumlah wisatawan ke Bintan.

"Kami berkeyakinan Tour de Bintan dapat meningkatkan jumlah wisatawan di Bintan," katanya tanpa merinci lebih jauh.

(KR-NP/A023/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010